Tuesday, June 24, 2014

Tersingkap Lagi Manusia Prasejarah di Gua Pawon

Tersingkap Lagi Manusia Prasejarah di Gua Pawon  

Tersingkap Lagi Manusia Prasejarah di Gua Pawon  
Gua Pawon di Cipatat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. (TEMPO/Prima Mulia)



TEMPO.CO, Bandung: Para peneliti Balai Arkeologi (Balar) Bandung menemukan lagi jejak manusia prasejarah di Gua Pawon, Kabupaten Bandung Barat. Penggalian pada Sabtu dan Ahad, 1-2 Maret 2014 mendapatkan tulang telapak jari kaki. "Diperkirakan berusia lebih tua dari 9.500 tahun lalu," ujar peneliti Balar Bandung kepada Tempo, Ahad, 2 Maret 2014.

Lokasi penemuan terbaru berada di tempat yang sama dari kuburan manusia prasejarah temuan kedua. Jarak kedalamannya selisih 20 sentimeter atau 180 sentimeter dari permukaan tanah gua. "Diduga tulang kaki itu manusia prasejarah berumur dewasa," kata Lutfi.

Tim masih melakukan penggalian untuk menyingkap sosok utuh kerangka manusia prasejarah tersebut, juga menghitung umurnya. Selain itu, peneliti juga menemukan sisa tempat makan, tulang belulang sisa makanan, dan temuan artefak batu gamping. "Makin ke dalam, artefaknya makin beragam," ujar dia.

Menurut Lutfi, manusia prasejarah diketahui hidup pada 1,8 juta tahun lalu. Mereka diketahui menghuni gua dengan usia paling tua sejak 30-35 ribu tahun silam. Di Indonesia, kata dia, sejauh ini ada manusia prasejarah di Jawa Timur yang lebih tua menghuni gua dibandingkan dengan di Gua Pawon. "Kami sedang mencari yang lebih tua di Jawa Barat, sekitar lebih dari 25 ribu tahun lalu berdasarkan jalur migrasi manusia dulu," katanya.

Dari tumpukan kuburan manusia prasejarah di Gua Pawon tersebut, kata Lutfi, pertanda Gua Pawon sejak lama telah menjadi hunian. Bisa jadi penghuninya turun temurun tinggal, sehingga perlu dilakukan tes DNA pada kerangka temuannya.

Temuan manusia prasejarah di Gua Pawon awalnya dari anggota Kelompok Riset Cekungan Bandung. Pada 1999, anggota kelompok yang berlatar keilmuan geologi dan geografi tersebut menemukan batu gamping seperti pisau. "Jangan-jangan di daerah sini ada manusia prasejarah," kata Budi Brahmantyo, salah seorang anggota kelompok tersebut. Pada 2000 mereka menemukan artefak seperti batu obsidian, padahal gua itu berada di kawasan karst atau batuan kapur.

Penggalian kemudian dilanjutkan Balar Bandung. Sejak 2000-2012, peneliti mendapatkan 5 kerangka manusia prasejarah, berusia 5.600-9.500 tahun lalu, di kedalaman 80, 140, dan 160 sentimeter. Lokasi temuan di sebelah utara gua itu kini sudah dipagari untuk kepentingan penelitian. (Baca: Arkeolog Temukan Kerangka Manusia Prasejarah)



Gua Pawon berada di kawasan karst atau batu kapur Citatah, di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 25 kilometer dari pusat Kota Bandung. Gua seluas 300 meter persegi lebih itu terdiri dari beberapa rongga seperti kamar, juga beberapa jendela alami yang besar.

ANWAR SISWADI



Sumber:
http://www.tempo.co/read/news/2014/03/03/173558832/Tersingkap-Lagi-Manusia-Prasejarah-di-Gua-Pawon

No comments:

Post a Comment