Thursday, May 29, 2014

3 Gua di Indonesia yang Punya Lukisan Misterius

3 Gua di Indonesia yang Punya Lukisan Misterius

Afif Farhan - detikTravel - Senin, 06/05/2013 07:48 WIB
Wamena - Ada tiga gua di Indonesia yang wajib Anda datangi. Sebab, di dalamnya terdapat lukisan misterius. Lukisannya bergambar mulai dari telapak tangan hingga mahluk asing yang menyerupai manusia. Penasaran?

Ada banyak gua di dunia yang memiliki lukisan-lukisan misterius, tak terkecuali Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, setidaknya ada 3 gua yang terkenal dengan lukisan gua. Lukisan tersebut pun menimbulkan sejuta pertanyaan, kapan dibuat, oleh siapa, untuk apa tujuannya, dan masih banyak lagi. Wisatawan yang penasaran, bisa datang dan meluhat dengan mata kepala sendiri.

Disusun detikTravel, Senin (6/5/2013), berikut 3 gua di Indonesia yang memiliki lukisan misterius:

1. Gua Pettae dan Pettae Kere, Sulawesi Selatan

Di Sulawesi Selatan, ada Gua Pettae dan Pettae Kere yang memiliki lukisan berupa cap tangan di dinding gua. Gua tersebut lebih dikenal dengan sebutan Gua Leang-leang, karena letaknya berada di Leang-leang, Kabupaten Maros, Sulsel.

Keberadaan Gua Leang-leang ditemukan oleh arkeolog Belanda, Van Heekeren dan Heeren Palm. Mereka menjelajahi gua ini pada tahun 1950. Hasil dari penelitian mereka, gua tersebut menggambarkan kehidupan manusia zaman lampau.

Salah satu buktinya adalah lukisan cap tangan berwarna merah di dinding gua. Diperkirakan, lukisan tersebut berumur 5.000 tahun. Guanya pun diduga telah dihuni sejak 8.000-3.000 SM. Hingga kini, lukisan cap tangannya masih menjadi misteri para ahli arkeolog.

Cap tangan di dinding Gua Leang-leang (Naryani Soepandi/dtraveler)
 
Di Gua Pettae, Anda akan melihat lima gambar telapak tangan dan satu gambar babi rusa. Babi rusa ini digambarkan sedang meloncat dengan anak panah di dada. Berbeda dengan Gua Pettae Kare. Di dinding guanya terdapat sekitar 27 gambar telapak tangan dan dua gambar babi rusa. Telapak tangan ini di cap menggunakan cat warna merah.

2. Gua Liang Kobori, Sulawesi Tenggara

Tak hanya Sulawesi Selatan, di Sulawesi Tenggara juga ada Gua Liang Kobori yang punya lukisan misterius. Gua ini berada di Desa Mabolu, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara dan merupakan sebuah gua peninggalan nenek moyang masyarakat suku Muna.
Lukisan misterius di Gua Liang Kobori (tripholiday.net)

Diperkirakan, ada sekitar 130 lukisan gua yang bisa Anda lihat! Lukisannya diduga berasal dari zaman prasejarah atau sekitar 4.000 tahun yang lalu. Jika diamati, lukisan-lukisan itu menggambarkan cara hidup masyarakat suku Muna mulai dari bercocok tanam, beternak, berburu, sampai peperangan.
Lukisan di dinding Gua Liang Kobori (tripholiday.net)

Lukisan ini pun mengajak Anda untuk mengenal masyarakat suku Muna. Beberapa lukisannya menggambarkan gambar matahari, gambar pohon kelapa, gambar binatang ternak seperti sapi, kuda.

Ada juga lukisan yang menggambarkan seseorang yang menaiki seekor gajah dan gambar layang-layang yang merupakan salah satu media ritual masyarakat Muna pada saat itu. Bagaimana cara mereka melukis sebanyak itu?

3. Gua Kontilola, Papua
 
Di Wamena, Papua, ada Gua Kontilola yang penuh misteri. Letaknya sekitar 1 jam dari Bandara Wamena. Gua ini berada di atas pegunungan. Untuk tiba di sana, Anda harus trekking sekitar 10 menit dengan medan yang menanjak. Lukisan di dalamnya benar-benar misterius!

Lukisan di gua ini berada di ketinggian 3 meter. Lukisannya adalah beberapa mahluk asing yang memiliki badan mirip manusia. Yang paling jelas, ada tiga lukisan jelas yang letaknya berdekatan. Ketiga lukisan tersebut bergambarkan setengah badan dengan kepala dan tangan.

Anehnya, kepala mereka sangat bulat dan tanpa rambut. Ini sangat berbeda dengan kepala manusia pada umumnya. Telinganya berbentuk kecil dan matanya bulat tanpa alis. Yang lebih aneh, mereka memiliki empat jari, tidak seperti manusia yang memiliki lima jari. Beberapa sketsa lainnya pun terlihat jelas di dinding-dinding gua.
Sketsa di Gua Kontilola, apa arti lukisan ini? (Afif/detikTravel)

Menurut masyarakat setempat, lukisan tersebut sudah ada sejak lama. Belum jelas siapa yang melukisnya, masyarakat setempat pun percaya kalau itu adalah peninggalan leluhur mereka.

Itulah tiga gua di Indonesia yang penuh dengan lukisan misterius. Saat melihatnya dari dekat, Anda dapat menilai dan memiliki anggapan tersendiri. Apakah lukisan itu dibuat oleh masyarkat purba atau dilukis oleh alien? 
 
 
Sumber:
http://travel.detik.com/read/2013/05/06/074825/2238576/1383/3/3-gua-di-indonesia-yang-punya-lukisan-misterius

No comments:

Post a Comment