Tuesday, May 27, 2014

Survei Arkeologis Potensi Gua di Provinsi Jambi


Survei Arkeologis Potensi Gua di Provinsi Jambi
28/02/2014 08:42:18 WIB

Survei gua-gua di dataran tinggi Jambi dilaksanakan pada bulan Februari 2014. Penelitian ini memiliki lokasi di Kabupaten Merangin. Sejak tahun 1974, penelitian terhadap gua-gua di Provinsi Jambi sudah tidak pernah lagi dilakukan. Selama ini, penelitian tentang gua-gua di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, dan Kepulauan Bangka Belitung) terfokus pada di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Provinsi Sumatera Selatan. Terlebih ketika ditemukannya lukisan gua di Situs Gua Harimau, Desa Padang Bindu, OKU, Sumatera Selatan.

Jauh sebelum Gua Harimau ditemukan, di Provinsi Jambi telah ada penelitian tentang gua yang terdapat di Dusun Tiangko Panjang dan Dusun Sangering, Desa Tiangko, Kecamatan Sungai Manau, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Gua tersebut bernama Gua Tiangko Panjang di Dusun Tiangko Panjang dan Gua Ulu Tiangko di Dusun Sangering. Penelitian dilakukan pada tahun 1974 oleh Teguh Asmar dari Pusat Arkeologi Nasional dan Bennet Bronson. Hasil pertanggalan di gua ini menunjukkan bahwa gua ini pernah digunakan sebagai hunian awal manusia purba pada ±9.000-10.000 tahun yang lalu. Hasil pertanggalan ini hingga sekarang masih merupakan pertanggalan yang tertua di Pulau Sumatera.

Survei yang dilakukan tahun 2014 ini ingin mengetahui potensi gua-gua lainnya di sekitar Gua Ulu Tiangko dan Tiangko Panjang. Penamaan Gua Ulu Tiangko yang telah disebutkan dalam buku ternyata menurut penduduk setempat merujuk pada gua-gua yang berada di bagian ulu Sungai Tiangko. Masyarakat setempat lebih mengenal dengan nama Gua Gubernur. Hasil survei permukaan di sekitar lantai gua masih menemukan serpih obsidian di kedua gua tersebut. Selain kedua gua tersebut, di sekitar Gua Ulu Tiangko masih banyak terdapat gua-gua yang memiliki potensi sebagai gua yang pernah dihuni. Salah satunya adalah Gua Reben yeng terletak di sebelah timur Gua Gubernur. Di dalam gua ini berhasil ditemukan serpih batu dan fragmen gerabah. Kemudian terdapat Gua Kambing yang terletak di sebelah timur Gua Reben. Di Kecamatan Ranah Pembarap di Desa Muara panco Timur terdapat Gua yang diberi nama Gua Muaro Panco 1 dan 2. Di dalam gua ini juga terdapat serpih batu. Di tepi Sungai Mesumai, Desa Muaro Panco Barat terdapat batu berelief dengan motif bunga. Batu ini oleh masyarakat dikenal dengan sebutan Batu Gong.

Hasil survei ini akan digunakan sebagai bahan rujukan untuk lanjutan penelitian yang lebih intensif pada tahun berikutnya. Penelitian yang dilakukan pada tahun 1974 sudah seharusnya diteruskan kembali untuk mengetahui sebaran hunian manusia masa lalu khususnya di wilayah Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.


Sumber:
http://arkeologi.palembang.go.id/?nmodul=berita&bid=53

No comments:

Post a Comment