Sejuta misteri tersimpan di Gua Kontilola yang terletak di Wamena, Papua. Gua tersebut seolah kawasan kerajaan kelelawar yang juga dihiasi lukisan aneh mirip manusia. Sebagian orang menganggap lukisan itu merupakan buatan alien dari luar angkasa. Benarkah anggapan mereka?
Bagi penggemar gua rasanya tidak mungkin melewatkan petualangan seru di gua tersebut. Rasa lelah selama perjalanan menuju kawasan gua ini akan terobati begitu sampai. Bagi penyuka petualangan gua, gua seperti taman bermain untuknya. Kegelapan di dalam bangunan alami ini seakan memberikan rasa tenang, kejutan misteri dan keindahan yang begitu mempesona.
Gua tersebut merupakan cagar wisata dan memang tidak menjadi destinasi wisata favorit bagi para wisatawan yang mendatangi Lembah Baliem. Sehingga terlihat sangat jarang pecinta traveling yang berdatangan ke lokasi wisata ini. Sebenarnya sangat sayang sekali untuk melewatkan destinasi wisata menantang ini, karena gua tersebut memiliki berbagai pesona yang masih sangat jarang diketahui masyarakat.
Untuk bisa sampai di Gua Kontilola ini memang bukan perkara yang mudah, karena lokasi gua ini terletak di atas bukit. Sehingga Anda harus berusaha dengan ekstra keras untuk menapaki setiap susunan anak tangga hingga berada di depan gua. Tapi bagi seorang petualang sejati hal ini tidaklah menjadi persoalan penting, justru menjadi tantangan yang harus ditaklukkan. Rasa letih sekan tidak dirasakan oleh wisatawan, karena suguhan pemandangan hijau dan hawa udara yang sejuk menemani Anda selama dalam perjalanan menuju gua itu.
Tiba di mulut gua, udara di lokasi ini akan terasa lebih dingin. Mulut gua ini akan menjadi penghubung menuju sebuah aula raksasa. Gua horizontal yang dihiasi stalagmit dan stalaktit ini terlihat sangat menawan dengan cahaya remang-remang. Di bagian atap gua terlihat banyak sekali kelelawar yang berterbangan. Sehingga sekilas gua tersebut seperti daerah berkumpulnya kawanan kelelawar.
Pemandu wisata di gua ini juga mengatakan kalau gua tersebut adalah kerajaan kelelawar. Karena penampakan kelelawar di bagian atap gua belumlah seberapa, di bagian bawah terdapat sarang kelelawar yang jumlahnya begitu banyak. Di sebuah jalan yang landai yang terlihat sangat gelap itulah kelelawar bersarang. Rasa penasaran mungkin akan memancing Anda menuju sarang kelelawar itu, karena di daerah itu juga terdapat sungai bawah tanah.
Tapi jika Anda tertarik menuju sarang kelelawar tersebut, pastikan membawa peralatan yang memadai agar perjalanan menjadi lebih aman.Keindahan alam yang disajikan gua ini tidak hanya tersimpan sangat jauh di dalam perut bumi. Karena sekitar puluhan meter dari aula raksasa tersebut, Anda bisa menjumpai aula raksasa lainnya yang dari bentuknya mirip hutan. Daerah itu ditumbuhi banyak pohon yang rimbun yang terpapar sinar mentari, sehingga aula yang satu ini sangat kontras dengan aula sebelumnya.
Anda juga akan menjumpai pemandangan menarik lainnya berupa lukisan mirip manusia yang terdapat pada dinding Gua Kontilola. Menurut cerita konon lukisan itu bukan buatan manusia, karena sudah ada sejak para leluhur di lahirkan. Sekilas lukisan itu mirip makhluk alien yang berasal dari ruang angkasa, sehingga sebagian orang menilai kalau itu adalah hasil karya alien. Memang kalau dinalar sangat sulit bagi manusia kala itu memanjat dinding dan melukiskan sesuatu disitu.
2.GUA Kontilola Menyimpan Lukisan Alien(2)

Sumber:
http://www.yukpegi.com/indonesia/gua-kontilola-menyimpan-lukisan-alien/