Saturday, October 11, 2014

Wow! Lukisan Gua Tertua di Dunia Ditemukan di Maros Sulawesi Selatan

Kamis, 09/10/2014 11:37 WIB

Wow! Lukisan Gua Tertua di Dunia Ditemukan di Maros Sulawesi Selatan

Herianto Batubara - detikNews
Jakarta - Pusat Arkeologi Nasional merilis temuan terbaru. Mereka menemukan lukisan gua di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Lukisan tersebut diklaim tertua di dunia dengan umur 40 ribu tahun. Seperti apa?

"Lukisan gua di Maros ini adalah yang tertua di dunia," kata Tim Peneliti Dr. Maxime Aubert dari Griffith University Australia.

Pernyataan itu disampaikan Aubert dalam jumpa pers di Gedung Pusat Arkeologi Nasional, Jalan Raya Condet Pejaten No 4, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (9/10/2014).

Jumpa pers tersebut juga hadir para tim peneliti lainnya. Ada Dr. Adam Brumm, Dr. Pindi Setiawan, M.Si, Arkeolog Balai Arkeologi Makasssar Drs. Budianto Hakim, serta Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya Makassar Drs. Muhammad Ramli.

Dijelaskan Aubert, penelitian sudah dilakukan sejak 2011. Ada kurang lebih seratusan gua di derah perbukitan karst di wilayah Maros, Sulawesi Selatan. Sekitar 60 gua terdapat gambar-gambar lukisan, dan 7 di antaranya dijadikan sampel untuk dilakukan penelitian secara mendalam.

Dari 7 gua yang dijadikan sampel itu, ditemukan banyak lukisan cetakan tangan dan ada juga yang bergambar hewan seperti babirusa. Lukisan itu kebanyakan didominasi warna merah. Setelah dilakukan penelitian mendalam, diketahui bahwa lukisan itu berusia 40 ribu tahun.

"Hasilnya sangat tidak diduga dan sangat mengejutkan. Selama ini kita ketahui bahwa lukisan gua tertua sekitar 40 ribu tahun itu ada di Gua El Castillo di Spanyol," kata Aubert.

Hingga saat ini acara diskusi masih berlangsung.



(bar/ndr)


Sumber:
http://news.detik.com/read/2014/10/09/113748/2714004/10/wow-lukisan-gua-tertua-di-dunia-ditemukan-di-maros-sulawesi-selatan?nd771104bcj

No comments:

Post a Comment