Friday, October 10, 2014

Lukisan Gua Tertua Diklaim di Spanyol

Lukisan Gua Tertua Diklaim di Spanyol

Lukisan Gua Tertua Diklaim di Spanyol
Foto gua yang terdapat Cap Tangan di Gua Castillo El dekat desa Puente Viesgo, 14 Juni 2012. REUTERS/Image courtesy of Pedro Saura/Handout



TEMPO.CO, Washington - Sebuah hasil pengujian baru terhadap cap tangan dengan lukisan gua di Spanyol diklaim sebagai lukisan tertua di dunia. Pro-kontra menyertai lukisan gua ini.

Para peneliti menguji lapisan 11 gua di Spanyol. Mereka menemukan setidaknya lukisan berusia lebih dari 80 ribu tahun, 15 tahun lebih tua dari sebelumnya. Termasuk lukisan gua yang hampir sama yang terkenal di Prancis.

Jurnal Science melaporkan para ilmuan memperkirakan usia gambar di gua Spanyol ini dari peluruhan atom uranium bukan dari pengukuran tradisional dengan karbon. “Lukisan itu pertama kali ditemukan pada 1870-an,” demikian dilaporkan jurnal tersebut pada Kamis, 14 Juni.

Lukisan tertua seperti bercak merah dari sebuah gua yang disebut El Castillo. Terdapat 25 telapak tangan di gua lain yang diperkirakan berumur 37,3 ribu tahun.

“Lukisan gua adalah salah satu contoh yang paling indah perilaku simbolis manusia," kata Joao Zilhão, seorang antropolog di University of Barcelona. "Dan, itulah yang membuat kita manusia." Ada patung tua dan seni portabel lainnya. Sebelum tes terbaru, lukisan gua tertua yang diketahui berada di gua Chauvet, Prancis, yang dianggap berusia antara 32.000 dan 37.000 tahun.

Yang menjadi penting dari perkiraan umur lukisan gua Spanyol ini adalah waktu itu diperkirakan adalah waktu manusia modern pertama kali datang dari Afrika ke Eropa.

Penulis laporan itu juga mengatakan mereka mungkin adalah manusia modern yang mendekorasi penggalian baru mereka atau mereka bekeja pada penyewa lama mantan Eropa, yakni Neanderthal.

Para ilmuwan mengatakan Neanderthal di Eropa dari sekitar 250.000 tahun lalu sampai sekitar 35.000 tahun yang lalu. Manusia modern tiba di Eropa sekitar 41.000 menjadi 45.000 tahun yang lalu, dengan beberapa klaim mereka pindah lebih dahulu, dan diganti Neanderthal.

Namun teori ini pun menuai kritik dari antropolog lainnya. "Tidak ada bukti yang jelas lukisan yang berhubungan dengan alat-alat atau fosil Neanderthal sehingga bukti tersebut akan mengejutkan," kata Eric Delson dari Museum Sejarah Alam di New York. Dia mengatakan sekitar 41.000 tahun yang lalu Neanderthal sudah bergerak ke selatan di Eropa, jauh dari manusia modern dan gua ini.

HUFFINGTONPOST | DIAN YULIASTUTI 


Sumber:
http://www.tempo.co/read/news/2012/06/15/114410786/Lukisan-Gua-Tertua-Diklaim-di-Spanyol

No comments:

Post a Comment