Saturday, October 11, 2014

Lukisan Pada Dinding Gua di Indonesia

Lukisan Pada Dinding Gua di Indonesia

 
1. Lukisan Gua di Sulawesi Selatan


 
 Lukisan telapak tangan dan babi rusa pada dinding Gua Petta Kere, salah satu gua di Kelurahan Leang-Leang, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.




 




Lukisan telapak tangan pada Gua PettaE, yaitu salah satu gua di salah satu gua di Kelurahan Leang-Leang, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.
 






Lukisan Ikan pada dinding Gua Lasitae, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.
 

    
 


Lukisan Anoa pada dinding Gua Sumpangbita, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.








2. Lukisan Gua di Sulawesi Tenggara

  
  


Keempat gambar diatas terdapat di Gua Liang Kobori, Desa Mabolu, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Lukisan-lukisan itu menggambarkan cara hidup masyarakat suku Muna mulai dari bercocok tanam, beternak, berburu, sampai peperangan. Di beberapa lukisannya juga terdapat gambar binatang ternak seperti sapi dan kuda. Ada juga lukisan yang menggambarkan seseorang yang menaiki seekor gajah dan ada juga layang-layang.

3. Lukisan Gua Kalimantan Timur

  



Lukisan cap tangan pada dinding Gua Tewe, Kutai Timur, Kalimantan Timur











4. Lukisan Gua Sumatera Selatan

 


Lukisan pada dinding Gua Harimau di Desa Padangbindu, Kecamatan Semidangaji, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan.








Sumber:
http://nabila-riyantidclovers.blogspot.com/2014/01/normal-0-false-false-false-en-us-x-none_12.html

No comments:

Post a Comment